Selamat datang di blog wins punakawan



SELAMAT DATANG DI BLOG WINS PUNAKAWAN... SEMOGA BERMANFAAT...

Jumat, 29 Juli 2011

LANDASAN TEORI MESIN BUBUT


A. Pengertian Mesin Bubut
Mesin bubut (turning machine) adalah mesin yg mempunyai gerak utama berputar dan berfungsi sebagai pengubah bentuk dan ukuran benda kerja  dengan cara menyayat benda tersebut dengan suatu penyayat. Posisi benda kerja berputar sesuai dengan sumbu mesin dan pahat diam, bergerak ke kanan, ke kiri searah dengan sumbu mesin menyayat benda kerja.


Mesin ini pada operasionalnya mempunyai prinsip satu sumbu putar yang berfungsi untuk menyayat, membentuk, memotong sebagian benda kerja. Benda kerja yang akan dikerjakan, dijepit dengan menggunakan cekam yang terletak pada kepala tetap mesin bubut, kemudian cekam tersebut diputar gearbox yang suhubungkan dengan motor listrik, setelah benda kerja siap dan pahat bubut telah siap pada rumah pahat (kencang, center dengan sumbu mesin bubut), selanjutnya benda kerja disayat dengan pahat mesin bubut dan dikerjakan menurut gambar dan job description yang telah ditentukan.

B. Bagian-bagian Mesin Bubut


- Kepala Tetap

   Kepala tetap adalah bagian mesin bubut yang terletak disebelah kiri mesin yang terdiri dari dua blok bantalan dengan peluncur yang dijadikan satu dan digunakan untuk menyangga sumbu utama. Di dalam kepala tetap, spindle utama terpasang pada bantalan, fungsinya untuk memindahkan putaran ke benda kerja, spindle harus terpasang kuat dan terbuat dari baja yang kuat, pada umumnya bagian dalam spindel dibuat berlubang. Biasanya kepala tetap ini dipasang suatu daftar kecepatan putar sehingga kita dapat dengan mudah mengatur kecepatan putar sesuai dengan yang dikehendaki. Pemindahan ini dilakukan pada waktu mesin berhenti. Sekali-kali tidak diperbolehkan mengubah kecepatan putaran selagi mesin sedang berjalan.\


- Kepala Lepas
Kepala lepas digunakan untuk mendukung kepala tetap dan kepala lepas ini dapat digerakan diatas landasan mesin sebagai penumpu dari benda kerja yang dikerjakan. Kepala lepas juga dipakai sebagai penyangga benda kerja yang panjang, mengebor dan meluasklan lubang (reamer), kepala lepas dilengkapi dengan kerucut morse, gunanya untuk memasang alat-alat yang akan dipasang pada kepala lepas seperti: bor, reamer, senter jalan dan lain-lain. Kepala lepas dapat diangkat dari alas mesin (bed) dan dapat dipasang terkunci dengan baut pengikat.
Bed Mesin (Alas)
Alas merupakan tumpuan agar tempat tumpuan gaya-gaya pemakanan pahat diwaktu membubut. Adapun kegunaan alas pada mesin bubut :
Tempat kedudukan kepala lepas
Tempat kedudukan eretan (support)
Tempat kedudukan penyangga (pembawa) diam.
Bentuk alas ini bermacam-macam. Ada yang datar, ada yang salah satu atau kedua sisinya mempunyai ketinggian dan lain-lain.
Bed mesin bubut disamping sebagai meja juga berfungsi sebagai pondasi atau alas mesin. Karena mesin bubut ini harus mampu menghasilkan pekerjaan dengan teliti serta harus mampu menahan beban yang berat (sebagai akibat pengerjaan pemotongan yang besar dan berat), maka bed ini konstruksinya harus kokoh, kuat, mampu mengimbangi beban dan keselurahan body mesin.
Suport mesin bubut
Digunakan untuk mengerakan hantaran pahat, sehingga untuk membuat suatu pekerjaan di buat dengan pahat yang di pasang pada rumah pahat dengan menjepit pahat.
Eretan
Eretan akan lebih membantu kita untuk membuat benda kerja yang silinder ataupun benda kerja yang akan ditirus karena eretan tersebut akan menggerakkan pahat bubut untuk melakukan penyayatan. Selain itu, eretan juga dapat membubut ulir pada benda kerja. Untuk melakukan pembubutan ulir maka pahat bbubut harus bergerak secara otomatis untuk menyayat benda kerja yang berputar secara teratur. Eretan terbagi atas 3 bagian, yaitu :

1. Eretan Atas
Eretan yang terletak pada bagian atas dengan gerakan samping kiri atau samping kanan dengan ketelitian penyayatan lebih kecil dan juga eretan dapat membuat sudut atau dapat berputar sebesar 360 derajat sesuai yang kita inginkan. Eretan atas tersebut terdapat pada tool post yang berfungsi untuk menyimpan pahat bubut.

2. Eretan Melintang
  Eretan melintang bergerak dengan arah melintang yaitu arah depan dam belakang. Eretan ini dapat digerakkan secara otomatis ataupun secara manual. Pada eretan ini terdapat ukuran sehingga dpat mengatur tebal pemakanan pada pahat bubut.

3. Eretan bawah
   Eretan ini bergerak dari kanan ke kiri dengan ketelitian penyayatan lebih besar dibandinggkan eretan atas. Eretan ini dapat juga digerakkan secara otomatis dan juga secara manual.


C. Perlengkapan Mesin Bubut

-  Cekam
    Cekam adalah bagian dari mesin bubut yang berfungsi untuk mengikat benda kerja pada saat membubut.

1. Cekam dengan tiga rahang
    Cekam ini bentuknya bundar dan mempunyai 3 rahang jepit, ketiga rahang tersebut dapat bergerak secara otomatis atau memusat sendiri apabila kunci cak diputar sehingga dapat menjepit benda kerja dengan cepat. Cekam ini untuk menjepit benda kerja yang sudah bulat, benda terbentuk segitiga, benda kerja segienam, benda kerja berbentuk segisembilan.

2. Cekam dengan empat rahang
    Keempat rahang cekam ini masing-masing dapat bergerak secara bebas jika kunci cak diputar. Kegunaan cekam ini untuk mencekam benda kerja yang tidak silinder atau yang bentuknya tidak beraturan. Bagian luar rahang tersebut baik pada cekam rahang tiga maupun  rahang empat dapat dipakai untuk menjepit benda keja bagian dalam.

3. Cekam rata
   Cekam ini berbentuk pipih bulat dan terdapat banyak lubang atau alur. Guna cekam ini untuk mencekam benda kerja yang sukar dicekam dengan cekam rahang tiga atau empat. Alur-alur ini gunanya untuk tempat kedudukan baut pengikat.

Center Putar
  Center putar pada mesin bubut digunakn untuk menunjang pekerjaan pembuatan shaft apda masing-masing ujungnya sehingga akan menghasilkan suatu putaran yang kokoh. Biasanya putaran tersebut tetap dan sangat mendukung benda kerja tersebut tidak bergerak.

1. Cara membuat lubang center
   Lubang center yang akan dibuat ini sebagai tempat kedudukan center bubut untuk memikul benda kerja tersebut. Benda kerja yang akan dibuat lubang center terlebih dahulu dibubut rata lalu bor center dipasang pada poros kepala lepas kemudian mesin dijalankan.
    Untuk selanjutnya kepala lepas didekatkan pada benda kerja yang telah berputar lalu pemutar pada kepala lepas diputar sehingga mata bor center akan melakukan pemakanan. Mata bor center tersebut harus melakukan pemakanan yang sedikit dan tidak terlalu dalam.

2. Macam-macam center

a. Center datar
   Center dapat digunakan pada benda kerja yang berporos datar baik pada kepala ataupun pada ujung bubutan.

b. Center runcing tersisipkan (Centre Carbode)
    Center ini dibuat dari baja lunak dengan uj8ung runcing sispan karbid atau baja untuk kecepatan tinggi.

c. Center Berputar
  Pada center ini dapat mengurangi tekanan-tekanan yang besar akibat dari pembubbutan berat dengan kecepatan-kecepatan putar yang tinggi.

- Pahat Bubut

1. Rumah Pahat (Tool Post)
    Rumah pahat berfungsi untuk menjepit pahat bubut, bentuknya bermacam-macam dan terletak pada eretan atas.

- Macam-macam pahat berdasarkan kegunaanya pada benda kerja sebagai berikut :

1. Pahat Rata
    Guna pahat rata ini adalah untuk membubut ujung permukaan benda kerja sehingga rata.

2. Pahat Muka
    Pahat ini berguna untuk membubut ujung permukaan benda kerja sehingga rata.

3. Pahat Alur
    Pahat alur ini mempunyai kegunaan untuk membuat alur pada benda kerja.

3. Pahat Ulir
    Pahat ini gunanya untuk membubut ulir pada benda kerja

Tidak ada komentar:

Posting Komentar