Selamat datang di blog wins punakawan



SELAMAT DATANG DI BLOG WINS PUNAKAWAN... SEMOGA BERMANFAAT...

Kamis, 21 Juli 2011

CAD/CAM

CAD (Computer Aided Design) adalah suatu program komputer untuk menggambar suatu produk atau bagian dari suatu produk. Produk yang ingin digambarkan bisa diwakili oleh garis-garis maupun simbol-simbol yang memiliki makna tertentu. CAD bisa berupa gambar 2 dimensi dan gambar 3 dimensi.
CAD merujuk kepada penggunaan perangkat lunak untuk membantu insinyur, arsitek dan desain profesional dalam kegiatan desain mereka. Ini adalah alat utama geometri dalam Product Lifecycle Management (PLM) proses dan melibatkan perangkat lunak (Software) dan perangkat keras (hardware).


CAM  (Computer Aided Manufacturing) merujuk kepada penggunaan sistem komputer untuk mengendalikan robotika dan alat selama pembuatan produk. Mengintegrasikan CAM dengan sistem CAD akan mempercepat proses manufaktur dan akan lebih efisien. Metode ini diterapkan di berbagai daerah. Dalam CNC manufaktur, sistem CAM yang digunakan untuk dimaksudkan menyederhanakan proses merancang dan machining. Dalam kebanyakan kasus sistem CAM akan bekerja dengan CAD desain yang dibuat dalam format 3D (tiga dimensi). CNC programmer yang akan menentukan operasi machining dan sistem CAM yang akan membuat program CNC. Ini kompatibilitas sistem CAD/CAM yang menyederhanakan kebutuhan untuk mendefinisikan ulang pekerjaan desain ke sistem CAM. Dengan kata lain: CAM software biasanya dilengkapi dengan mesin seperti membubut (lathe), mengefrais (milling), pemotongan dengan kawat (wirecut). Sistem CAD/CAM menawarkan keuntungan dari program peningkatan akurasi, geometris kesesuaian untuk desain parameter, kemampuan kecil untuk membuat perubahan besar dan sering ke bagian konfigurasi dan program metrik dalam sistem yang sama. CAD/CAM dapat digunakan secara luas di seluruh dunia di sekolah dan perusahaan yang desain, manufaktur dan mampu melakukan inovasi baru dan exsiting produk. (berbagai sumber) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar